Walikota Depok Tidak Mengijinkan Politik Praktis di Dalam Masjid

115

depokpro.com, Balaikota – Walikota Depok  Mohammad Idris, melepas rombongan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Depok, berangkat ke Bandung mengikuti acara Pelantikan DMI Propinsi Jawa Barat. Menurut Walikota Depok akan di hadiri oleh Wakil President Yusup Kalla, sebagai Ketua Umum DMI Pusat.
Idris mengatakan, organisasi DMI bisa mengayomi masjid-masjid yang ada dengan manajemen profesional, berfokus pada kemaslahatan umat Islam, DMI bisa menjadi organisasi terdepan dalam upaya memakmurkan masjid di Kota Depok.

“DMI ini harus jadi representatif pengayom masjid-masjid untuk kemaslahatan umat Islam, bukan untuk berpolitik, Termasuk politik praktis,” kata Walikota Depok, Mohammad Idris di temui depokpro.com, usai memberangkatkan pengurus DMI Kota Depok ke Kota Bandung di Masjid Agung Balai Kota Depok, Selasa (26/03/19).

Idris berpesan kepada pengurus DMI, agar fokus pada visi misinya dan menghindari adanya politik praktis di dalam masjid. Sebab, menurutnya secara aturan dan etika tidak diperbolehkan membawa politik praktis ke dalam tempat ibadah.

“Secara aturan dan etika memang tidak boleh membawa politik praktis ke dalam masjid, lain halnya dengan politik islam itu di perbolehkan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, meski demikian pemberian pemahaman mengenai konsep politik tetap diperbolehkan. Misalnya pemahaman mengenai bagaimana kriteria dalam memilih pemimpin dalam aturan Islam.

“Yang tidak boleh itu politik praktis, misalnya  mengajak seseorang atau memberikan isyarat untuk memilih partai tertentu atau memilih calon tertentu itu tidak boleh,” ucap Idris.

Sementara itu Kabaq Kesejahteraan Sosial (Kesos) Drs. H. Eka Firdaus menjelaskan, keberangkatan DMI ke Bandung di pimpin langsung oleh Ketua DMI Kota Depok KH. M. Iik Naseri, dengan membawa sekitar 35 pengurus DMI Kota Depok dari berbagai pengurus Masjid yang ada di Kota Depok.

“Kami Pemerintah hanya memfasilitasi dan mengarahkan keberangkatannya saja, namun hal ini juga berlaku kepada mitra mitra pemerintah Kota Depok seperti MUI, MDI, FKUB, Kemenaq dan ormas islam lainnya,” tutur Eka. (adi).