Peran Penting Masyarakat Bisa Menekan Terjadinya Kebakaran

92

depokpro.com, Balaikota – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Pemadam Kebakaran (Damkar), HUT ke-69 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan HUT ke-57 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas). Hari ini merupakan momen untuk semakin menambah dewasa dan semakin matang dalam menghadapi berbagai kejadian kebakaran di Wilayah Kota Depok.

“Alhamdulillah pelaksanaan acara ini berjalan lancar dan sukses. Damkar sudah 100 tahun ini umur sudah satu abad ini jadi momentum untuk meningkatkan status Damkar lebih mandiri,” kata Gandara ketika di media depokpro.com usai upacara di lapangan balaikota, (27/3/2019).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok mengatakan, dalam momen HUT ini, dirinya mengajak masyarakat untuk menyatukan persatuan bangsa. Terlebih, tugas Damkar, melindungi pembangunan dan bencana. Dimana saat ini masih ada Dinas Damkar belum mandiri, artinya di Indonesia Dinas Damkar masih banyak belum menjadi Dinas yang Mandiri.

“Intruksi mendagri jelas harus jadi Dinas, karna damkar ini tugas damkar luar biasa, ada pembinaan, ada penyelamatan, ke depan Damkar harus lebih Profesional di era digital ini,” ungkap Gandara.

Gandara menjelaskan, Untuk mengatasi pencegahan, pelaksanaan pemadaman dan penyelamatan perlu di tingkatkan sebab di Kota Depok masih banyak kejadian kebakaran dan hampir dari tahun ke tahun bukannya semakin menurun malah meningkat.

“Ke depan kami akan lebih di tingkatkan melalui peran serta Masyarakat, yang paling penting kita akan meningkatkan kemampuan, ketrampilan kalau terjadi kebakaran masyarakat bisa menangani lebih awal sebelum petugas datang,” ujarnya.

Lebih lanjut Gandara, merasa terbantu dengan di bentuknya Satuan  Relawan Kebakaran (Satlakar), hal ini akan membantu tugas tugas Damkar apabila kejadian kebakaran ini lebih rawan dan sering terjadi kebakaran.

“Kejadian kebakaran ini dari data yang ada kebanyakan akibat dari arus listrik, ke depan kami sudah menjalin kerjasama dengan pihak PLN sehingga kejadian kebakaran di Tahun ini bisa menurun,” tuturnya. (adi).