Mencegah Menyebaran Jenis Penyakit Ternak ke Masyarakat, RPH Tapos Depok Menerapkan Pemeriksaan Berlapis.  

110

depokpro.com, Tapos – Desas desus rencana Warga Kecamatan Tapos akan melakukan demo ke RPH Tapos, yang menyebabkan RPH menurut warga kotorannya menyengat dan bau di Lingkungan RPH. Rencana tersebut tidak terjadi mengingat Camat dan Lurah setempat mengajak untuk melihat secara langsung bahwa hal tersebut bukan di sebabkan oleh RPH, melainkan ada pihak di luar lingkungan RPH juga ada ternak sapi milik pribadi.

Kepala Rumah Potong Hewan (RPH) di Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD), Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemerintah Kota Depok, Dr. Alvian, mengatakan, untuk mencegah penyebaran segala jenis penyakit ternak ke masyarakat, RPH Tapos Depok menerapkan pemeriksaan berlapis.

“Pemeriksaan di sini itu berlapis mas. Sebelum ternak itu dipotong dilakukan langkah pemeriksaan yang ketat. Demikian pula setelah sapi itu sudah dipotong (daging),” kata Alvian, kepada depokpro.com, di RPH Tapos, Depok.

Lebih lanjut, Alvian menerangkan bahwa instruksi menjaga pangan yang sehat merupakan tugas dari pemerintah yang mana pelaksanaanya dilakukan dengan sangat serius. Dan RPH Tapos ini bertujuan untuk menyediakan bahan pangan khusus daging yang sehat kepada masyarakat.

Alvian menegaskan, bahwa pihaknya sudah memperhatikan higienis dan kehalalan pemotongan sapi yang sudah sesuai standar. Mengenai keberatan Warga bahwa limbah kotoran itu bau dan menyengat, itu tidak benar. Alvian memberikan sanggahan bahwa RPH saat ini tidak sendiri melainkan ada dua (2) pemotongan sapi tersebut, di luar tanggungjawabnya.

“Pemotongan kami tentu sudah sesuai standar, dan berbagai upaya sudah kami lakukan melalui kedekatan warga sekitar RPH. Seperti saya bilang di depan jalan masuk RPH itu ada ternak lain milik pribadi. Jadi di kontrol masalah kelayakannya, apakah ini RPH kami yang mencemarkan bau itu,” ujar Alvian.

Di Depok kalau lebaran meningkat dua kali lipat di Depok, meskipun harga daging cukup tinggi, tetapi konsumsi daging di Depok cukup banyak, jadi kemungkinan perlu warga ketahui bahwa bau yang menyengat bukan dari pihaknya.

“Kami bisa pastikan bahwa daging sapi yang proses pemotongannya berasal dari RPH Tapos Depok ini bisa dikonsumsi oleh masyarakat luas dan dijamin kesehatannya, dan kami jamin tidak akan bau,” tegas Alvian.