Tuk Melastarikan Budaya yang Hampir Punah Camat Limo Bangun Rumah Adat Betawi Depok

1840
epokpro.com, Limo – Saat ini, bentuk rumah tradisional Betawi depok sudah sulit ditemukan di Depok. Pasalnya, tidak banyak warga asli Depok yang membuat rumah berdasarkan pakem-pakem tradisional Betawi ora.
Dilihat dari bentuknya, rumah tradisional Betawi Depok memperlihatkan pengaruh arsitektur.  Hal ini terlihat dari bentuk pintu, jendela, lubang angin, dan ornamen-ornamen lain.
Salah satunya adalah bentuk Rumah Betawi ora khususnya di masyarakat Depok mayoritas berbentuk memanjang seperti layaknya daerah lain di Indonesia, suku Betawi juga memiliki rumah adat yang sangat unik. Ada dua jenis rumah adat Betawi. Ciri khas rumah ini adalah teras rumahnya yang luas, disanalah ruang tamu dan bale atau kursi tempat santai pemilik rumah berada, dengan gaya bangunan semi terbuka hanya di batasi pagar setinggi 80 cm.
Camat Limo Zaenudin menyebutkan, rumah adat diukir dengan ornamen segitiga berjajar (gigi balang). Di bagian tengah sebagai ruang tinggal tertutup dinding, di luarnya merupakan teras terbuka dikelilingi pagar karawang rendah.
Sambil menikmati semilir angin memberi kesejukan di siang terik. Kini Kantor Kecamatan memiliki Gubuk lebar 3 cm dan panjang 7 cm, warna kuning ama hijau khas nya betawi depok. Bukan hanya miliki Kecamatan Limo namun gubuk tersebut milik masyarakat Limo,
Gubuk Betawi Depok bentuknya melebar ke samping, di bagian kiri dan meja dan kursi di bagian kanan. Suasana bergaya Betawi Depok juga sangat terasa khas nya.
“Kami pun akhirnya harus membuat gubuk ciri khas betawi depok, kami bangun di kantor Kecamatan ini,  terpisah di belakang, di maksudkan untuk mengingatkan bahwa depok dulu seperti ini dan perlu di lestarika, ini untuk masyarakat Kacamatan Limo kalau mau mengurus apa aja di Kecamatan,” kata Camat Limo Zaenudin, pada media depokpro.com, Selasa (9/7/2019) di kantornya.
Zaenudin berharap rumah yang bangun dengan ciri khas Betawi Depok tersebut, terus akan di kembangkan bila perlu di kantor kelurahan kalau ada lahan dapat di bangun rumah tempo dulu.